RSS
Powered By Blogger

Follow me...

Tips Lulus SNMPTN 2012

Bagi yang ingin lulus SNMPTN, ada baiknya anda mencermati tips dan trik berikut ini :
1. Beberapa bulan sebelum pelaksanaan SNMPTN 2012
Anda harus melakukan pengayaan materi termasuk strategi dalam menghadapi soal-soal SNMPTN nanti. Waktu harus dimanage sedemikian rupa agar pada saat SNMPTN anda betul-betul siap. Beberapa hal teknis yang dapat anda lakukan adalah :

  • Menyusun jadwal belajar yang dapat anda lakukan dengan senang dan leluasa. Kalian bisa menyusun belajar sendiri, ikut privat, belajar kelompok atau ikut bimbel intensif persiapan SNMPTN 2012.
  • Tingkatkan intensitas jadwal yang anda buat itu jika makin mendekati SNMPTN. Banyak berlatih soal, practise make perfect. Gunakan metode ST yaitu soal teori, maksudnya kalian berlatih mengerjakan soal kemudian pahami teori atau konsep dasarnya.
  • Seminggu sekali lakukan koreksi terhadap program penjadwalan yang anda buat itu, bila perlu diubah, ketika anda sudah mulai tidak konsisten terhadap jadwal belajar tersebut.
  • Kumpulkan dan kerjakan sebanyak mungkin soal-soal tes SNMPTN dari berbagai rayon terutama yang terbaru yaitu SNMPTN 2011, agar kalian bisa memetakan soal SNMPTN itu seperti apa sih. Berdasarkan survei ternyata tipe soal yang diujikaan tes masuk PTN dari tahun ke tahun selalu berkisar pada pola dan hal yang sama. Terlebih 20% soal SNMPTN biasanya diambil dari soal-soal yang pernah muncul baik dari wilayah yang sama maupun lintas wilayah. Begitu juga cobalah untuk mengerjakan soal Ujian Mandiri PTN yang lain seperti SIMAK UI, UM UGM, SMUP UNPAD dan lain-lain yang sudah pernah dikeluarkan, pastikan tidak ada satu soal pun yang anda lewatkan.
  • Kuasai dasar dan konsep matematika, fisika, kimia, biologi, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Ingat konsep nya, mau sesulit apapun soalnya, kalo sudah dikuasai konsep nya, Insya Allah bisa dan neglecting one of those subjects. Jangan mikir, “aku kuatin di matdas ah, fisika dikit aja.” Tiap mata pelajaran sangat esensial menentukan kelulusan mu dalam SNMPTN!
  • Berlatih soal-soal tes potensi akademik. Kalau kalian melatih soal tes potensi akademik, maka kalian akan lebih siap karena sudah pernah menghadapi tipe tes seperti itu. Bandingkan dengan orang-orang yang beranggapan tes potensi akademik tergantung otak, maka dia cenderung tidak siap dan kesannya ‘pasrah’. Ingat menyiapkan lebih baik dari pada ‘pasrah’. Pastikan anda sudah melakukan persiapan tersebut dengan baik. Walaupun pada akhirnya nanti anda akan tetap menyesal, “ Mengapa saya tidak bisa berbuat lebih dan lebih baik lagi”. Khusus soal tes potensi akademik, penulis sudah membuat ebook dan modul tentang soal tes potensi akademik yang diambil dari buku-buku baik terbitan dalam negri maupun luar negri juga dari berbagai modul bimbingan belajar ternama di Bandung. Jadi kalian tidak perlu lagi membeli banyak buku-buku soal tes potensi akademik atau cari-cari informasi soal tes potensi akademik dari berbagai bimbingan belajar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar